Sabtu, 26 Januari 2013

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MICROSOFT WORD 2007



Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa office 2007 lebih baik dari yang sebelumnya. Memang sudah jelas program diperbaharui untuk meningkatan performa dan kualitas, tapi ada juga yang enggan untuk beralih ke 2007 dan masih setia di 2003 karena beranggapan office 2007 lebih rumit, karena sudah terbiasa menggunakan office 2003.
A. Kelebihan Microsoft Word 2007
a. Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
b. Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
c. Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
d. Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
e. Loading lebih cepat dari versi sebelumnya.
f. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
g. Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
h. Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.
i. Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
j. Terdapat smartart. Yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
k. Terdapat ‘quick acces toolbar’.
l. Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
m. Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
n. Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas.
o. Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
p. Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
q. Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
r. Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
s. Template yang digunakan sudah mulai beragam.
t. Tampilan lebih menarik.
u. Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki.
v. Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
w. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
x. Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
y. Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
z. Dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
aa. Fitur lebih mudah dieksplorasi dibanding edisi sebelumnya.
B. Kekurangan Microsoft Word 2007
1. Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2. Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3. Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4. Installer yang lebih besar.
5. Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6. Minimal OS Windows XP dengan SP2.
7. Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
8. File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9. Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10. Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11. Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.


http://2.bp.blogspot.com/_6LwVJNpq3JA/TEvV_jQmM9I/AAAAAAAAAX8/Kfg2xq28Dpc/s320/AbiWord.jpg
AbiWord adalah program pengolah kata yang mirip dengan Microsoft Word. Nama "Abiword" berasal dari bahasa Spanyol "abierto" yang berarti membuka. Sistem operasi yang mendukung AbiWord antara lain Windows, Linux, QNX, FreeBSD atau Solaris. AbiWord didesain untuk terintegrasi penuh dengan sistem operasi dimana ia dijalankan karena dapat memanfaatkan fungsionalitas yang disediakan oleh sistem, misalnya pemuatan gambar atau kemampuan pencetakan (print).

AbiWord mampu membaca dan menyimpan semua tipe dokumen standar dalam industri, seperti dokumen OpenOffice.org, Microsoft Word, WordPerfect, Rich Text Format, HTML, dan banyak lagi. Tersedia fasilitas advanced document layout options yang dapat membuat dokumen tampil profesional, saintifik, atau fun.

AbiWord tersedia dalam banyak bahasa. Fasilitas pengecek ejaan menggunakan kamus yang tersedia dalam lebih dari 30 bahasa. AbiWord mendukung mode pengetikan dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atau campuran, sehingga bahasa-bahasa seperti Hebrew maupun Arab didukung oleh pengolah kata ini.

Seperti halnya Microsoft Word, AbiWord mempunyai fasilitas mail merge yang dapat mengotomatisasi pekerjaan membuat surat. Data yang digunakan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti Basis Data Relasional, Comma Separated Text, atau Tabbed Text. Untuk memfasilitasi Penggunaan AbiWord dalam lingkungan server, tersedia antarmuka command line bagi AbiWord yang memungkinkan pengguna untuk membuat form surat, mencetak dokumen, atau mengkonversi format dokumen melalui command line.

Program utama AbiWord sangat kecil dan membutuhkan sangat sedikit sumber daya untuk menjalankannya, sehingga memungkinkan dipakai di sistem dengan sumber daya yang terbatas. Berbagai macam plug-in dapat digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas AbiWord, mulai dari pengimpor dokumen, thesaurus, pengimpor gambar, Text Summarizer, dan lain-lain.

INFORMASI MENGENAI MICROSOFT WORD

Microsoft Word
Ms-word.jpg
Ms-word-2007.jpg
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Sejarah

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Microsoft Word 2010

Versi ini adalah versi paling terbaru yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 7 , Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3)
  • Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih ringan.
  • Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
  • Mendukung Standarisasi format Open Document Format (.odf)
  • Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
  • Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
  • Disediakanya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.

1 komentar: