Sabtu, 26 Januari 2013

RENCANA PENDIRIAN USAHA





PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA
NASI GORENG LESEHAN BAMBU


DISUSUN OLEH

PAISAL TANJUNG
KELAS XII AKUNTANSI 1
PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN


YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUL JANNAH
SMK NUSANTARA
BANJAR AGUNG TULANG BAWANG
2012/2013


  1. Nama perusahaan
Dalam pembuatan produk saya, produk yang saya beri nama “ Kue Bawang” dengan keunggulan rasa dan bentuk produk ini terdiri dari beberapa aspek.
-          Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada
-          Menciptakan inovasi baru dan menciptakan cipta rasa bernuasa tradisional yang berkualiyas.
-          Sebagai salah satu bentuk adu kreasi dalam bidang kuliner yang ada di Indonesia
Kue bawang ini sagat cocok untuk sebagai cemilan pada saat santai maupun saat nonton TV.

  1. Lokasi perusahaan
Saya akan menjual produk saya ini ketoko terdekat yaitu  toko pelangi  di simpang penawar, saya memilih toko ini karena belum ada terjual Ke Bawang dan saya melihat banyak konsumen yang datang untuk membeli barang, bukan hanya ditoko pelangi saya juga menjual produk ini ketoko aneka makanan dan toko jaya karena tempatnya simpel dan strategis.

  1. Komoditi yang akan diusahakan
Dlam pembuatan kue bawang ini tentu memerlukan bhan-bahan sebagai berikut :
-          Tepung terigu                    2 Kg
-          Merah                                1 Kg
-          Sledri                                 1 ikat
-          Garam                               1 Bungkus
-          Telur                                  6 Biji
-          Santan                               2 BUah
-          Masako                             1 Bungkus
-          Minyak Goreng                 3 Kg

Struktur Pembuatan

 






Penjelasan :
  1. Persiapan
Penyiapan, pertama kita siapkan peralatan dan bahan yang akan disiapkan meliputi :
Bahan, bawang merah, slodri, minyak goreng, tantan tepung, telur, garam, masako. Alatnya, Wajan, kompor, serok, spatula, baskom dan pisau yang akan digunakan untuk pembuatan kue Bawang.
  1. Pengolahan
Setelah kita siapkan ambil bawang merah dan kita bersihkan dan kita iris kecil-kecil atau di haluskan setelah itu kita ambiltepung-tepung tersebut kita campur bawang merah seledri,kita aduk sampai rata kemudian kita masukan telur satu persatu kedalam adonan tepung  ,setelah itu masukan santan ,garam, dan masako adonan telah di campur diaduk sampai merata ,dan terus di aduk sampai padat atau tidak lengket lagi.
  1. Pengilingan
Setelah adonan tersebut padat atau tidak lenget lagi kemudian kita giling dan kita bentuk.
  1. Penggorengan
Setelah kita giling adonan yang kita buat tadi ,goreng ataun masukan kedalam wanjan yang telah berisi minyak goreng yang telah panaskan,goerwnglah sampai matang.
  1. Penirisan
Ketika matang angkat lalu tiriskan dan tunggu sampai dingin untuk melakukan pembungkusan.
  1. Pembungkusan
Sesudah dingin kita bungkus bawang yang telah jadi dengan menggunakan bungkus mika agar tampak rapi dan menarik.

  1. Konsumen akan di Tuju
Sasaran yang akan produk saya tuju adalah kepada remaja ,kalng atas dan kalngan bawah karena produk ini memiliki rasa yang enak dan tektur yang lembut dan gurih.Harganya terjangkau untuk semua kalangan yang ada di masyarakat sekitar.


  1. Pasar Yang Akan Dituju
Adapun lokasi yang saya pilih untuk produk kue bawang ini yaitu:

-          Toko Aneka Kue               Pasar unit II                RT III RW I
-          Toko Jaya                          Simpang Penawar       RT II RW I
-          Toko Nawar                      Uni II                          RT I RW I

  1. Patner yang akan di ajak bekerja sama
Patner yang akan saya ajak bekerja sama adalah toko bintang , dari toko bintang saya bisa mendapatkan bahan –bahan yang saya perlukan dalam pembuatan usaha saya ,yang termasuk bahan yang saya butuhakan ialah:Tepung terigu, telur ,minyak goreng, bawang merah, garam masako dan santan.

  1. Personil yang di percaya untuk membantu menjalankan usaha
Di dalam produk ini saya mempercayai Karyawan saya untuk menanganidalam pembuatan kue bawang yang masing –masing bertugas sebagai.
-Produksi         : Firi bertugas untuk mengelolah bahan menjadi kue bawang yang   enak.
-Marketing      : Nika Bertugas untuk memasarkan produk kepada semua konsumen dan konsumen peminat kue bawang.
 -Kasir             : Indri bertugas untuk mengatur semua keuangan dalam usaha      pembuatan produk

  1. Jumlah modal yang di butuhkan dan yang tersedia
Dalam pembuatan produk saya ini saya membutuhkan modal dan bahan –bahan untuk membuatnya:
a.       Bahan –bahan
-          Tepung terigu        2 kg                 = Rp.20.000
-          Telur                      6 biji                = Rp.  6.000
-          Masako                  2 bungkus        = Rp.  1.000
-          Seledri                   1 ikat               = Rp.  3.000
-          Minyak goreng      3 kg                 = Rp. 33.000
-          Garam                   1 bungkus        = Rp.  1.000
-          Bawang merah      1 kg                 = Rp.  4.000
-          Santan kelapa        1 bungkus        = Rp.  5.000+
=Rp. 73.000

-          Biaya transportasi / Operasi          = Rp.   5.000
-          Gaji karyawan 1 orang                  = Rp. 10.000+
= Rp. 15.000
            Jadi jumblah nya adalah                      =Rp  .73.000
                                                                        =Rp   15.000+
                                                            =Rp.  88.000
 Rencana Penetapan harga
            Modal yang saya keluarkan dalam pembuatan produk ini sebesar Rp. 88.000 dan laba yang di inginkan sebesar 25%
Jadi = Rp. 88.000 X 25   =Rp. 22.000
                     100
Mencari banyaknya jumblah produk atau barang
Rp.88.000+Rp.22.000
Rp.110.000 =110 bungkus
      1.000

Laporan laba rugi
Pendapatan 110 bungus x 1.000= 110.000
Pengurangan :
-          Biaya bahan                      Rp. 73.000
-          Biaya transportasi             Rp.   5.000
-          Biaya gajih karyawan        Rp. 10.000+
Rp. 88.000
            Laba perhari                            Rp. 22.000
Laba selama satu bulan = 30 hari X Rp. 22.000
                                        = Rp. 660.000

  1. Peralatan yang perlu disediakan
Peralatan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan kue bawang adalah :
-          2 buah Wajan                    - 2 buah Kompor
-          1 buah Pisau                      - 2 buah Spatula
-          2 buah serok                      - ½ Pak Plastik
-          2 Baskom

  1. Penyebaran Promosi
Dalam memasarkan produk stick talas saya akan memakai 2 cara yaitu :
a.       Cara langsung
Saya langsung memasarkan produk ini kesemua kalangan/konsumen yang berniat pada kue Bawang dan menitipkan ketoko-toko terdekat.
b.      Cara tidak langsung
Sasa akan memasang spanduk, menyebarkan brosur kepada masyarakat, dan juga menyiarkan lewat radio, majalah, TV dan media Elektronik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar